Minggu, 12 Juli 2020

3.1_Menerapkan aturan teknik gambar mesin dan tanda penggerjaan_P1

    Pengertian toleransi itu sendiri adalah suatu ukuran yang memberikan sedikit kelebihan atau kurang yang terdapat pada gambar yang akan dikerjakan, ukuran tersebut biasanya berukuran micromili meter, atau pun centi meter, bahkan meter tergantung pada jenis benda yang akan dikerjakan.
    
    Toleransi terbagi menjadi dua yaitu toleransi ukuran (toleransi linier) dan toleransi geometrik.
  • Pengertian toleransi ukuran adalah dua batasan garis ukur yang diizinkan pada setiap elemen. Toleransi sangat berperan penting pada setiap proses produksi, mengingat sangat sulit membuat suatu alat atau benda sesuai dengan ukuran yang tepat. karena menyangkut ketelitian dalam proses pengerjan-nya. Untuk lebih jelasnya kita lihat pada contoh gambar toleransi ukur tersebut dibawah ini.



Keterangan:

Yang di toleransi pada gambar diatas adalah suatu lingkaran dengan diameter 9 dengan toleransi 0,02, batas maksimal pada toleransi yang akan dikerjakan pada benda tersebut adalah 9.02 dan minimal pada pengerjaan benda kerja tersebut adalah 9.00. Untuk lebih mengenal toleransi secara umum. berikut ini gambar tabel toleransi umum.

  • Pengertian toleransi geometrik adalah toleransi yang membatasi suatu bentuk, posisi, tempat, dan penyimpangan putar terhadap suatu elemen geometris. Toleransi ini biasanya memberikan kesempatan untuk memperlebar persyaratan toleransi ukur. toleransi geometrik ini diperlukan jika untuk meyakinkan ketepatan komponen menurut fungsinya. berikut ini tabel toleransi geometrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas DPK TSM

 DPK TSM A. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pertemuan Pertama Pertemuan Kedua B. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Pertemuan Pertama Pertemuan ...