PERSIAPAN MENGGAMBAR 2D DENGAN CAD
3.1 Merencanakan Gambar
Perencanaan yang efektif dapat memperkecil waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu gambar. Biasanya pengesetan suatu gambar meliputi banyak faktor yang mempengaruhi kualitas dan akurasi dari gambar akhir. AutoCAD akan membantu proses perencanaan menjadi mudah, yaitu dengan memilih dan menetapkan terlebih dahulu:
- Ukuran kertas, dimana gambar akan dicetak.
- Satuan yang akan digunakan.
- Kepresisian yang diperlukan untuk gambar.
- Nama gambar.
Penggunaan AutoCAD sering berpikir tentang ukuran gambar sebagai ukuran kertas. Ukuran kertas adalah ukuran dari
kertas yang digunakan untuk menata dan mencetak gambar. Ukuran kertas diperhitungkan
terhadap ukuran gambar ditambah dengan ruang
untuk ukuran, catatan, dan daerah bebas antara gambar dengan garis batas. Pada AutoCAD, ukuran kertas
ditentukan dalam Page Setup.
3.3 Aplikasi AutoCAD
Melalui perangkat lunak AutoCAD, Anda akan
mempelajari cara
menggambar, menata dan menyususn gambar, mencantumkan dimensi
dan
etiket pada gambar 2D. Di samping itu, anda juga dapat
menggambar 3D yang nampak
sebagai
“wireframe”
atau dengan
permukaan berwarna
dengan tekstur Gambar 3.2.
Gambar Wireframe Rendering
Gambar 3.2. Model 3D Batang Penggerak
Aplikasi perangkat lunak CAD dan model 3D
yang sangat bermanfaat adalah
animasi. Bentuk animasi yang paling sederhana adalah dengan
memutar model secara dinamis untuk melihat tampak dari segala sudut. Gambar dan model
dapat juga di
animasikan, sehingga model
terlihat bergerak, berputar, bahkan menguraikan gambar menjadi komponen-komponen individual.
3.4 Macam-Macam Pandangan
Untuk memberikan pinformasi lengkap pada suatu menda tiga dimensi dengan gambar proyeksi Orthogonal, maka dipelukan lebih dari satu bidang
proyeksi.
- Gambar kerja pada bidang bidang poryeksi di depan disebut pandangan depan.
- Gambar kerja pada bidang bidang poryeksi di atas disebut pandangan atas.
- Gambar kerja pada bidang bidang poryeksi di samping kanan disebut pandangan samping kanan.
- Dan setesursnya seperti gambar di bawah ini :
Gambar 3.3 Macam-Macam Pandangan
- Proyeksi di kuadaran I (Eropa)
Bila sebuah benda diletakkan di atas bidang Horizontal (H), di depan bidang Depan (D) dan di sebelah kanan bidang Vetikal (V), maka benda tersebut berada di kuadran I. Jika benda yang terletak di kuadran I diproyeksikan terhadap ,bidang-bidang H, V, dan D, maka akan didapat gambar / proyeksi pada kuadran I yang disebut dengan proyeksi Eropa.
A = di
kuadran I H = Pandangan atas
AD = Proyeksi A di bidang D D = Pandangan depan
AV = Proyeksi A di bidang D V = Pandangan samping kanan
AH = Proyeksi A di bidang H
2. Proyeksi di kuadran II (Amerika)
Bidang Horizontal (H), bidang Depan (D) dan bidang Vetikal (V), untuk
proyeksi di kuadran III (Proyeksi Amerika) yang telah dibuka dapat
dilihat pada gambar di bawah :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar