Senin, 27 April 2020

DPTM "Transmisi"

      MAPEL DPTM
  “Transmisi”


Peringatan : Nilai tambahan akan di ambil dari pertanyaan dan jawaban yang kalian tulis di kolom komentar, hal tersebut seperti presentasi yang biasa kalian lakukan di sekolah. Semangat dan tetap #dirumahsaja, semoga Allah segera angkat wabah ini. Aamiin.



   Transmisi langsung menggunakan poros atau as merupakan transmisi yang paling sederhana, digunakan untuk menyalurkan tenaga pada jarak yang dekat dan posisi yang segaris antara poros motor penggerak dengan poros mesin yang digerakkan. Transmisi poros langsung banyak digunakan pada pompa air seperti gambar berikut ini.
Jarak yang jauh antara dua buah poros sering tidak memungkinkan transmisi langsung. Dalam hal demikian, cara transmisi putaran atau daya yang lain dapat diterapkan, di mana sebuah sabuk luwes dibelitkan sekeliling puli pada poros.

Sebagian besar transmisi sabuk menggunakan sabuk-V karena mudah penanganan-nya dan harga lebih murah. Kecepatan sabuk direncanakan untuk 10 sampai 20 (m/s) pada umumnya, dan maksimum sampai 25 (m/s). Daya maksimum yang dapat ditransmisikan kurang lebih sampai 500 (kW).

Sabuk-V terbuat dari karet dan mempunyai penampang trapesium. Tenunan tetoron atau semacamnya dipergunakan sebagai inti sabuk untuk membawa tarikan yang besar (Gambar 5.1). Sabuk-V dibelitkan di keliling alur puli yang berbentuk pula. Bagian sabuk yang sedang membelit pada puli ini mengalami lengkungan sehingga lebar bagian dalamnya akan bertambah besar. Gaya gesekan juga akan bertambah karena pengaruh bentuk baji, yang akan menghasilkan transmisi daya yang besar pada tegangan yang relatif rendah. Beberapa tipe sabuk V disajikan pada gambar berikut :

     Transmisi rantai-sproket digunakan untuk transmisi tenaga pada jarak sedang. Kelebihan dari transmisi ini dibanding dengan transmisi sabuk-puli adalah dapat digunakan unutk mennyalurkan daya yang lebih besar seperti diuraikan berikut ini.

Kelebihan:
-         transmisi tanpa slip >>> perbandingan putaran tetap
-         dapat meneruskan daya besar
-         keausan kecil pada bantalan
-         jarak poros menengah (antara belt dan gear)

Kekurangan:
-         tdk dapat dipakai utk kecepatan tinggi (max. 600 m/min)
-         suara dan getaran tinggi
-         perpanjangan rantai karena keausan pena dan bus

Sproket

-         Bentuk S dan U, bahan: baja karbon
-         Jumlah gigi min. 13 dan max. 114
-         Perbandingan putaran max. 10/1
-     Sudut lebih dari 120 derajat


Roda gigi digunakan untuk mentransmisikan daya besar dan putaran yang tepat serta jarak yang ralatif pendek. Roda gigi dapat berbentuk silinder atau kerucut. Transmisi roda gigi mempunyai keunggulan dibandingkan dengan sabuk atau rantai karena lebih ringkas, putaran lebih tinggi dan tepat, dan daya lebih besar. Kelebihan ini tidak selalu menyebabkan dipilihnya roda gigi gear, di samping cara yang lain. Karena memerlukan ketelitian yang lebih besar dalam pembuatan, pemasangan, maupun pemeliharaannya.
Klasifikasi Roda Gigi

Roda gigi diklasifikasikan seperti dalam tabel berikut menurut letak poros, arah putaran, dan bentuk jalur gigi.

Latihan Soal 1 :
     A. Tuliskan rumus yg digunakan untuk merencanakan sabuk, beserta penjelasan-nya !
  1. Kecepatan linier sabuk
  2. Jarak sumbu poros
  3. Panjang sabuk
  4. Sudut kontak
  5. Berat sabuk
  6. Gaya keliling sabuk
  7. Beban tarik sabuk terhadap poros
B. Gambarkan sabuk transmisi yang digunakan pada mesin industri
C. Tipe transmisi yang baik digunakan pada medan terjal adalah
D. Sebutkan beberapa transmisi yang terdapat pada  sepeda motor matic.
E. Dari beberapa tipe transmisi, manakah yg paling mudah jika dilihat dari segi pemeliharaan ?              jelaskan alasanmu !






8 komentar:

Tugas DPK TSM

 DPK TSM A. Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pertemuan Pertama Pertemuan Kedua B. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) Pertemuan Pertama Pertemuan ...